HP Harga 2 jutaan saat ini rata-rata sudah dibekali fitur EIS (Electronic Image Stabilization) yang akan membuat rekaman video menjadi lebih stabil walaupun kadang ada efek yang tidak enak di mata.

Sedangkan HP harga 1 jutaan hanya sebagian kecil saja yang sudah ada fitur EIS-nya.

Pun kadang meski ada fitur EIS di HP, eh kita lupa mengaktifkannya. Bahkan di beberapa kasus, ternyata sensor Gyro-nya error sehingga meskipun tertampil EIS aktif, namun videonya akan tetap shaky alias goyang parah, biasanya perlu restart buat normalin gyro-nya.

Nah untuk mengatasi video yang shaky bisa memanfaatkan aplikasi gratis, ada dua yang saya rekomendasikan.

Sedangkan untuk mengupayakan agar video yang akan direkam stabil meski tidak ada EIS di ponsel, gunakanlah gimbal atau bisa pakai tongsis murah lalu diberi pemberat.

Pada artikel kali ini saya akan fokus bahas cara untuk menstabilkan video yang penuh shake hingga terlalu sulit dinikmati, mau dihapus sayang, maka bisa pakai cara berikut!

Cara Bikin Stabil Video yang Goyang

1. Menggunakan Aplikasi Google Photos

Ini cara paling mudah dan simpel banget cara pakainya.

Yang perlu dilakukan, pertama unduh dulu aplikasinya. Kalau nanti sudah tidak dipakai bisa dihapus lagi saja. Download di sini

Nah, setelah selesai diinstal, buka aplikasinya, lalu tunggu sebentar hingga semua foto-video tertampil. Buka video yang ingin distabilkan, lalu klik di bagian video hingga muncul menu EDIT.

Cara Menstabilkan Video yang Goyang Shaky dengan Google Photos 1

Setelah masuk ke laman edit, langsung KLIK di icon yang seperti menstabilkan kotak. Tunggu hingga proses stabilisasi seelsai, lalu setelah selesai bisa klik Save Copy.

Cara Menstabilkan Video yang Goyang Shaky dengan Google Photos 2

Video baru akan muncul, jadi akan ada dua video identik. Ada tambahan angka ~2 ada nama file baru yang baru diedit.

Kualitas biasanya akan turun sedikit, sedangkan luas video juga akan lebih sempit karena terpotong saat menstabilkan.

2. Aplikasi Video Stabilizer by KineMaster

Tidak harus punya KineMaster, pakai aplikasi penstabil videonya saja juga bisa.

Caranya sama, kita download dulu aplikasinya lalu install. Download resmi di sini.

Lalu jika sudah selesai memasang aplikasi, buka aplikasinya. Lalu klik Agree atau Setuju pada ketentuan penggunaan, lalu izinkan akses storage.

Cara Menstabilkan Video yang Goyang Shaky dengan Video Stabilizer for KineMaster 1

Klik tombol PLUS untuk memilih video, lalu cari foldernya di pojok kiri atas. Jika sudah ketemu, checklist dan klik Next.

Maka aplikasi ini akan otomatis melakukan Analyzing sekaligus memproses video. Setelah selesai, akan muncul tampilan dua video antara yang original dengan yang versi sudah distabilkan.

Cara Menstabilkan Video yang Goyang Shaky dengan Video Stabilizer for KineMaster 2

Di bagian kanan ada baris untuk mengatur seberapa stabil video yang kita inginkan. Jika videonya shaky parah, boleh 100%. Atau coba saja 50% dulu, kalau tidak puas dengan hasilnya, maka ubah ke 100%.

Jika sudah pas, klik logo seperti logo Download/Unduh di pojok kanan atas untuk menyimpan video. Lalu akan ada pilihan kualitas video yang akan dirender, pilih saja yang High. Lalu sentuh logo  Simpan/Download di bawahnya. Akan ada proses yang lamanya tergantung panjang durasi video.

Cara Menstabilkan Video yang Goyang Shaky dengan Video Stabilizer for KineMaster 3

Jika sudah selesai, akan ada folder khusus Stabilizer di galeri. Buka dan lihat hasilnya. Menurut just Muha, proses penstabilan menggunakan Google Photos (aplikasi nomor 1 di atas) lebih stabil dan lebih halus, namun kualitas gambarnya lebih tajam pada hasil proses aplikasi Video Stabilizer for Kinemaster ini. Silahkan pilih yang menurut Anda lebih cocok.

Demikian cara untuk menstabilkan video yang shaky alias goyang dengan menggunakan aplikasi. Semoga bermanfaat dan good luck.

LEAVE A REPLY