Ada dua penyebab utama kenapa TWS mati sebelah.

1. TWS-nya memang rusak, bisa itu karena kebanting, atau karena kena air dan lalu rusak.

2. TWS-nya UNPAIRING (gak nyambung lagi) antara yang sebelah kanan dengan yang kiri.

Tandanya apa dong apakah beneran rusak komponennya atau cuma sekedar unpaired?

Paling mudah adalah dengan melihat indikator lampunya.

Cara mengatasi TWS mati sebelah

Jika masih ada kedipan indikator, kemungkinan tidak rusak dan bisa kita atasi masalah mati sebelah tsb.

Tapi jika tidak ada tanda-tanda kehidupan pada salah satu TWS, maka kemungkinan ya memang rusak dan solusinya perlu perbaikan secara teknis.

Sekarang kita akan fokus bahas untuk memperbaiki headset bluetooth atau earphone TWS atau TWS earbuds yang mati sebelah.

Cara Memperbaiki TWS (Headset Bluetooth) Mati Sebelah

Cara berikut dengan syarat masih hidup ya earphone bluetooth/ TWS yang tidak ada suaranya dengan tanda masih ada lampu indikator yang berkedip.

Nah sedikit bahas sebab, saya dua kali bahkan lebih mengalami earbuds TWS mati sebelah gak ada suaranya yang sebelah kiri akibat gak sengaja kepencet pas tidur menyamping sambil mengenakan earphone bluetooth TWS.

Cara Benerin TWS Mati Sebelah

Caranya mudah.. Tinggal ikuti saja langkah berikut ya;

Cara benerin TWS mati sebelah
Matikan kedua TWS

1. Matikan kedua earbuds TWS/ headset bluetooth dengan cara menekan tombol masing-masing yang lama, sekitar 5-10 detik kalau punya saya. Biasanya muncul indikator merah dulu lalu mati. Matiinnya kalau bisa berbarengan antara yang kiri dan kanan, tapi kayaknya gak harus sih.

Lalu step kedua nih yang krusial, penting.

2. Pencet tombol masing-masing earbuds TWS secara bersamaan dan berdekatan, tempelin aja ya antara TWS yang kanan dengan yang kiri. Biasanya nanti lampu indikatornya beda ritmenya di awal, sampai lalu akhirnya sama/mirip. Akan muncul juga lampu indikator merah muda tuh ketika pairing. Jadi, pencet yang lama, berbarengan dan berdekatan.

Cara mengatasi TWS mati sebelah
Harus bareng, lama, dan nempel!

Pokoknya jangan lepaskan sampai akhirnya mati lagi dengan indikator merah muncul dahulu.

3. Setelah itu, hidupkan lagi kedua TWS earbuds. Harusnya sudah tersambung ya antara yang kiri dengan yang kanan. Sudah terpairing kembali. Tapi belum selesai…

4. Nah, setelah melalui proses Unpair/Pairing antara TWS yang kanan dengan yang kiri, maka nanti di laptop atau HP kita perlu sambungkan/ Pairing ulang.

Karena proses di atas itu juga semacam melakukan RESET ya, jadi pengaturan sebelumnya hilang.

Kita sambungkan ulang saja, lalu sudah deh. TWS earbuds-mu sudah bisa dipakai lagi dan sudah tidak mati sebelah.

Harusnya…

Kalau ternyata masih mati, coba ulangi langkahnya. Matikan bersamaan, hidupkan lagi bersamaan tapi harus lama mencetnya dan NEMPEL antara yang kiri dengan yang kanan.

Jika belum berhasil, mungkin belum sesuai cara mencetnya. Atau bisa juga ternyata rusak TWS-nya, atau bisa saja berbeda cara reset/pairing ulangnya.

Yang jelas, cara di atas sudah TERBUKTI berhasil oleh puluhan bahkan ratusan orang karena video tutorialnya sudah ditonton 17 ribu kali per hari ini.

Semoga kalian juga berhasil ya mengatasi headset bluetooth mati sebelah atau lebih tepatnya TWS mati sebelah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY