Jenius adalah pionir bank digital di Indonesia yang hadir sejak 2016. Pantas jika bank yang merupakan anak dari BTPN ini sangat dikenal oleh masyarakat kita sebagai bank digital.

KEAMANAN tentunya menjadi prioritas utama Jenius untuk memberikan kenyamanan kepada nasabahnya. TAPI ternyata bisa menjadi agak merepotkan juga, termasuk salah satunya adalah keamanan SATU DEVICE untuk aplikasi Jenius.

Jadi kalau HP direset ulang, atau kita GANTI HP, maka kita tidak bisa lagi login ke Jenius dengan keterangan error Session Expired di HP baru jika sebelumnya tidak melakukan unlink device terlebih dahulu.

Saya juga mengalami error sejak 4 bulan lalu dan baru kemarin saya akhirnya NIATKAN untuk mengatasi masalah login error ini.

Ternyata Solusi Session Expired Jenius ini Mudah Saja

Hanya butuh waktu beberapa menit sampai 1 jam untuk melakukan unlink device hingga akhirnya bisa login di perangkat baru kita.

Unlink Device adalah untuk menghapus HP Lama kita di database sehingga kita bisa pakai HP Baru.

Begini cara mengatasi masalah Session Expired saat login akun Aplikasi Jenius.

1. Hubungi Customer Service atau Support Jenius

Memang menurut berita di media-media, kita harus menelpon ke nomor 1500365. Tapi it’s 2022 yooo, gak zaman lagi telpon2 pakai pulsa 😀

Jadi yang saya lakukan mengikuti salah satu YouTuber, yakni dengan menghubungi melalui email ke alamat email di jenius-help@btpn.com

Contoh emailnya bisa kalian lihat berikut ini:

2. Lalu akan ada balasan email otomatis yang meminta kita untuk menunggu dibalasnya email tsb.

Balasan otomatis

Lalu kita perlu menunggu beberapa menit.

3. Hanya dalam 17 menit, ada balasan email berupa instruksi untuk melakukan video call.

Link video call

Video call ini bertujuan untuk mengetahui bahwa ini benar-benar kita sebagai pemilik rekening yang ingin melakukan unlink device. Nanti akan difoto wajah kita melalui video call tersebut.

Ada email lagi berikutnya yang menjelaskan lebih detail proses video call.

Penjelasan

4. Klik link untuk video call dalam waktu maksimal 24 jam

Layanan video call bisa dilakukan setiap hari termasuk hari Sabtu-Minggu dari jam 8 pagi hingga 10 malam.

Saya yang pertama kali menghubungi mereka di jam 6 pagi, melakukan video call di jam 1 siang.

Jadi prosesnya langsung ya, setelah kita klik link video call, itu langsung kebuka halaman video call-nya. Gak yang nunggu dulu gitu.

Proses video call dengan CS Jenius
Proses video call dengan CS Jenius

Dalam video call juga kita akan diberi instruksi berikutnya yaitu untuk mendapatkan token dll. Lalu sesi video call berakhir dengan singkat saja. Jujur saya gak terlalu paham CS-nya ngomong apa karena suaranya kadang putus2 dan kurang jelas karena di tempat saya berisik juga. Hahaha. Iya2in doang sih, intinya akan ada email masuk, itu saja yang saya tangkap.

5. Setelah beberapa menit, akan masuk email konfirmasi

Email ini untuk mengonfirmasi apakah kita betul2 ingin melakukan unlink device atau tidak. Klik Ya.

Pilih Ya

Jangan salah dan klik Tidak ya, karena nanti repot ngulang dari awal lagi.

Nah, proses ini juga langsung, jadi setelah klik Ya, itu kebuka halaman baru.

6. Mengisikan kode token

Jadi setelah klik tombol Ya, akan kebuka halaman untuk mengisikan kode token yang dikirimkan ke nomor kita melalui SMS. Nomor HP adalah yang terdaftar di Jenius ya.

Kode token di kirim ke SMS

Cek SMS dan copy kode token-nya. Kalau saya biasanya dengan copy semua text lalu paste di kolom chat baru kemudian copy kodenya saja. Ada batas waktu 5 menit untuk mengisikan kode token ini.

Kembali ke halaman Jenius tadi, lalu masukkan di kolom pengisian token tadi.

Selesai

7. Proses Unlink Device Selesai

Akan ada email juga memberitahukan bahwa kita sudah bisa login di perangkat HP baru kita.

Info di email

8. Login ke akun Jenius

Ada percobaan maksimal 3x menurut info untuk memasukkan email dan password saat login. Jadi, pastikan passwordnya benar ya. Atau bisa gunakan fitur Reset Password kalau kalian betul2 lupa passwordnya.

9. Sukses, kita sudah bisa login ke Jenius

Nah, ternyata gak susah ya. Prosesnya relatif cepat loh. 17 menit menunggu balasan pertama untuk link video call, sisanya berlangsung singkat2 saja.

Kalau kalian memilih untuk menelpon, katanya ada antri dulu nunggu ada kesempatan, lalu nanti akan dikirim link untuk video call juga. Jadi cara melalui email menurut saya lebih baik karena gak perlu isi pulsa buat telepon.

Kalau kalian malas ribet ngurus sendiri, dan kebetulan dekat dengan kantor cabang BTPN, pun bisa melakukan unlink device di situ.

Demikian tutorial mengatasi masalah error login Session Expired Jenius bank dengan Unlink Device, semoga bermanfaat dan semoga berhasil mencobanya.

LEAVE A REPLY