Kalau dengar ada orang yang jalan-jalan sendirian, apa yang kalian rasa dan pikirkan?

Kasihan?

jalan-jalan wisata sendirian solo traveling

Banyak orang yang mengira bahwa jalan-jalan sendirian itu ngenes banget. Padahal kalau dalam dunia traveller, Solo Travelling itu biasa banget, banyak yang ngelakuin.

JustMuha juga sepertinya lebih suka jalan-jalan menikmati alam itu sendirian. Bukan berarti saya gak suka jalan-jalan bareng ya, tapi jujur aja sih, jika yang kutuju itu hanyalah menikmati yang kulihat, maka lebih enak sendirian. Dan berikut adalah pendapat saya, kenapa solo-travelling alias jalan-jalan sendirian itu preferable:

  1. Fokus kita adalah ke sekitar kita, bukan ke temen. Lebih banyak yang kita lihat dan rasakan, pengalaman lebih kaya. Udah berkali-kali saya rasakan, pengalaman yang terkenang banget itu pengalaman yang sendirian.
  2. Gak banyak debat karena selisih beda keinginan. Sebenernya kadang debat tuh jadi bumbu juga, tapi kadang tuh bikin mood rusak. Jalan-jalan jadi gak asyik samse.
  3. Gak ada yang tau kalau kita berbuat hal yang memalukan di tempat wisata, tapi jangan yang negatif ya.. Malunya tuh misalnya lagi bawa es krim, terus jatuh es krimnya pas kita jilat…
  4. Lebih bebas memilih mau wisata ala gelandangan, backpacker, atau ala turis mancanegara. Kalau jalan ama temen, kadang tuh terlalu banyak gengsi ya kan. Dan kadang satu orang dengan orang lainnya tuh beda selera.
  5. Bisa dapat teman baru lebih mudah, karena kita gak punya temen. Tapi gak harus juga ya, gak harus dapet temen baru. Karena kalau misal dapet temen baru, eh malah jadinya gak bebas lagi dong?!
  6. Gak terlalu jadi objek perhatian penduduk, tapi kadang justru sendirian tuh jadi perhatian.. Ya fifty2 lah di sini.
  7. Bisa menguji seberapa kuat kita ketika jauh dari rumah dan harus belajar meng-handle masalah sendirian.

Kira-kira itu kelebihan kalau jalan-jalan sendirian. Kekurangannya?

Hmm…

  1. Dikasihani sama orang, dikiranya ngenes banget jalan sendirian, padahal biasa aja, malah seringnya lebih asyik.
  2. Kalau ada masalah serius di jalan, itu bebannya berat dan ditanggung sendirian 🙁
  3. Lebih rawan dari kenakalan orang-orang berjiwa kriminal 😀
  4. Pengeluaran transportasi dan akomodasi ditanggung sendirian.
  5. Agak susah kalau mau minta fotoin…

Ada tambahan? Tulis di kolom komentar yaa…

Oke, itu dia sekelumit kelebihan dan kekurangan, enak dan gak enaknya jalan-jalan atau wisata sendirian, solo-travelling. Besok-besok kita bahas, kenapa jalan2 itu enak barengan, happiness itu buat dibagi!!

Kalau kalian punya pengalaman jalan sendirian, sharing-sharing yaaa…. see you tomorrow.. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here