Menikmati jalan adalah kunci asyik ketika melakukan perjalanan dan wisata. Bahkan ketika kesasarpun, nikmati saja. Maka perjalanan akan menjadi bebas dari stres dan rasa tidak betah.

Perjalanan

Biasanya yang bikin gak betah di jalan tu apa?

Kaki dan pinggang cape, ngantuk pingin rebahan, kebelet ingin buang air, lapar, panas, dan mungkin ketemu orang yang ngeselin, bahkan bisa juga orang yang jalan bareng kita juga ngeselin.

Nah karena itulah, coba kurangi bikin target; jam segini harus udah nyampe sini, jangan banyak2 istirahat, dsb.

Kalau cape ya brenti, kebelet ya mampir, lama di jalan ya biarin.

Begitu kira-kira.

Kalau cape sih mungkin asal gak sempit2an di mobil itu masih bisa betah ya. Laper juga kalo di Indonesia mah gampang banget nemuin warung makan, walaupun sebenernya termasuk hal yang nyusahin sih pas lagi nyari tempat makan.

Tapi yang lebih bikin pengen segera sampai kayaknya kebelet ya.

Makanya supir tuh harus gak boleh males buat brenti di tempat-tempat yang ada toiletnya, misal SPBU, Toilet Masjid, minimart, dsb.

Dan yang bikin males juga adalah kebersihan toilet yang tidak semuanya baik. Bau juga. Makanya bikin kita kadang males buat brenti numpang buang air.

Di Masjid Agung deh kalau mau brenti rehat atau numpang toilet, biasanya bersih banget dan banyak toiletnya. Gak semua sih, saya pernah di Masjid yang mewah banget ternyata bau juga toiletnya -__-

Kalau SPBU, ada yang bersih banget, bersih aja, tapi ada juga yang kurang bersih. Di minimart selama ini sih selalu bersih toiletnya, karena lebih jarang juga orang berani numpang di toilet minimart gitu.

Kalau lelah gimana, brenti aja dulu numpang rebahan. Gak perlu lama, terus jalan lagi. Bisa di Masjid, atau Musholla SPBU kalau malam. Di rest area tol juga nyaman karena biasanya sepi, terutama tol trans Jawa.

Menurut justMuha, perjalanan yang menyenangkan itu adalah yang sejenak bisa melupakan tujuan.

Susahnya adalah ketika memang ada batas waktu alias buru2 harus sampe tujuan. Maka biasanya ya memang berat buat mampir-mampir.

Sekarang gimana kalau mood kita yang udah gak enak. Bikin gak betah di jalan pengen cepet sampe.

Maka solusinya, agak susah sih. Coba saja alihkan pikiran ke hal yang mengasyikkan. Misalnya ngeliyatin orang di jalan, dengerin lagu yang nenangin, menikmati pemandangan. Apa saja lah yang bisa mengalihkan emosi negatif kita jadi positif. Oh iya, bisa juga dengan jajan minuman dan cemilan.

Sunset di jalan

Jauhi berantem dengan cara berpikir positif pada hal apapun yang kita dengar.

Susah sih kadang kalau jalan bareng keluarga. Lalu ngediskusiin sesuatu yang sensitif, eh malah ribut.

Atau beda keinginan, milih tempat makan aja kadang bisa bikin bete sih.

Yang susah tu kalau ada anggota perjalanan yang keinginannya susah dituruti.

Makanya, kalau di jalan yaudah pokoknya terima dan nikmati aja walau gak enak.

Misal mau komen negatif pun ya jadiin becandaan biar gak bikin mood sekitar rusak.

Jadi intinya sih, untuk menikmati perjalanan, maka; nikmatilah perjalananya. Bukan melulu fokus ke tempat tujuan.

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here