Sebuah panduan yang bersifat hiburan dan bukan pengalaman, karena saya pribadi masih sulit mempraktekkan ini.

Cara hidup di Jogja agar mengeluarkan biaya kecil:

  • NGEKOST di Jogja itu biayanya sangat variatif. Mulai dari 300 ribuan sampai jutaan rupiah per bulan. Kost murah ideal mungkin yang 400 ribu per bulan ya, kamar mandi tentu bersama di luar. Kondisi kost variatif, kalau sabar nyarinya maka bisa dapetin kost yang nyaman. So, biaya kost murah; Rp 400.000,- plus patungan listrik misalnya, jadi Rp 425.000
nasi ayam bakar 12 ribu di jogja
Nasi ayam bakar 12 ribu per porsi
  • BIAYA MAKAN mungkin yang menantang ya. Apalagi Jogja itu culture-nya buat nongkrong. Biar irit, tentu saja nongkrong kalau sambil makan aja. Harga makanan di Jogja itu super variatif. Kalau mau keluar duit sedikit tentu saja bisa ke Angkringan, di situ ada nasi kucing yang biasanya Rp 3000 per bungkus. Isinya dikit, dua bungkus bisa lumayan kenyang. Yang lebih ideal mungkin di Warmindo, biasanya nasi dengan lauk telor dan pakai sayur itu sekitar Rp 7000/ Rp 8000. Es teh sekitar 3000 rupiah. Kalau harga makanan yang lebih mantul lagi biasanya di tempat-tempat ayam goreng atau penyetan gitu, harga per porsi ayam goreng atau ayam bakar sekitar Rp 12.000/Rp 13.000. Ada juga yang lebih mahal sampai Rp 15 ribu/ 16 ribu.
rumah makan nasi padang murah
Padang Murah
  • Lanjutan makan… Kalau di rumah makan Nasi Padang, ada Padang Murah ada yang standar. Kalau di Padang Murah, biasanya dengan lauk ayam goreng gitu per porsi Rp 10.000 saja. Sama lele bisa lebih murah mulai Rp 7000. Kalau di RM Nasi Padang standar ada yang harga Rp 14.000 per porsi dengan lauk ayam, ada yang Rp 15.000, juga ada yang Rp 16.000. Yang 16 ribu biasanya ada sayur gorinya. Kalau soal enak, asal nemu tempat yang pas, yang lebih murah juga bisa lebih enak.
  • Di Warmindo ala cafe seperti Burjo Borneo misalnya, harga makanannya sangat bervariasi, ada yang 10rb, 15rb, 19rb, 25ribuan, dsb. Nasi dengan pecel dan ayam goreng 15 ribu. Pecel Ayam Lamongan gitu 19 ribuan. Kalau minuman es teh gitu murah aja, jus2 juga terbilang terjangkau, standar Jogja.
  • Naik lagi di tempat makan yang menunya lebih mewah dan khas, kisaran harganya di atas 20 ribu ya per porsi. Tapi masih cukup terjangkau juga sih, gak yang bikin kaget.
  • Cafe mewah, gak tau saya gak pernah.. wkwk.
  • Biaya TRANSPORT, di Jogja itu kalau gak punya motor GAK ENAK. Susah lah kalau gak ada kendaraan pribadi. Sedangkan biaya bensin, relatif irit ya karena jarak satu tempat ke tempat lain di Jogja itu deketan, walau kesannya melewati banyak pusat bisnis, tetep aja karena area Kota Jogja itu gak luas, jadi ujung ke ujung aja masih relatif deket. Biaya parkir itu buat motor Rp 1000 atau Rp 2000 tergantung tempat. Kalau kendaraan umum macam Trans Jogja tentu murah ya, 3500 rupiah kalau dulu, sekarang kurang tau. Kalau Gojek tentu variatif, gak beda jauh lah ama daerah lain, yang jelas ya sangat menguras biaya.

Dari gambaran tsb, mungkin hitungannya seperti ini;

  • Kost : Rp 425.000
  • Transport : Rp 250.000
  • Makan : Rp 600.000 – lebih (Substitusi aja ya, beberapa hari ngirit banget, di hari tertentu lebih besar; misal weekend)
  • Lain-lain : Rp 175.000

Total : Rp 1.450.000

Ya kira-kira begitu..

Tentu standar orang tu beda-beda ya.

Jadi, angka biaya hidup di Jogja bisa lebih murah dari angka tsb, bisa jauh lebih tinggi.

Untuk kost, standar nyaman mungkin di 500-600 ribuan per bulan untuk beberapa orang. Kalau harus AC ya lebih mahal lagi.

Biaya makan juga bagi sebagian orang mungkin bisa gede banget.

Ya artikel ini kan judulnya cara hidup murah di Jogja.

Walaupun gak murah2 amat.

Kalau mau lebih murah, maka:

  • Kost berdua sekamar.
  • Makan mie atau nasi dengan masak sendiri.
  • Transport sering nebeng temen. Ngekost yang deket kampus jadi bisa jalan kaki.
  • dsb..

Otomatis, biaya hidup akan lebih murah lagi.

Sekian coretan kali ini, semoga ada gunanya.

LEAVE A REPLY