Sekarang cetak rekening koran BCA gak perlu dateng ke kantor cabang BCA. Kita bisa cetak sendiri di rumah, atau gak perlu dicetak, kita bisa simpan bentuk PDF saja dan kita lihat dari HP atau laptop.

Caranya juga sangat mudah dilakukan, saya yakin semua bisa mengikuti. Tentu syaratnya adalah sudah terdaftar Internet Bankingnya.

Cetak rekening BCA secara online bisa dilakukan melalui web, bukan melalui aplikasi M-Banking BCA. Ada sedikit kekurangan yang saya harapkan bisa ditambahkan fiturnya di masa depan oleh BCA.

Nah, berikut langkah-langkah Cetak Online Rekening Koran Bank BCA

Pertama, kita kunjungi website resmi Klik BCA di laman https://www.klikbca.com/

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 1

Lalu, kita klik LOGIN Individual atau Bisnis. Saya tentu akan masuk ke Individual.

Di laman berikutnya, isikan USER ID dan PIN.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 2

Setelah masuk, pada menu di sebelah kiri, Klik menu e-Statement.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 3

Lalu Klik lagi apakah jenis Tahapan Berjangka atau Tabungan & Giro. Saya akan memilih Tabungan dan Giro karena hanya itu yang saya punya saat ini di BCA.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 4

Lalu di laman berikutnya, di bagian Periode e-Statement, pilih bulan apa yang kita ingin cetak rekening koran-nya. Di sini kekurangan yang menurut saya bisa ditambahkan oleh BCA ke depannya yaitu memilih beberapa bulan sekaligus. Misal dari Januari 2022 hingga Juni 2022.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 5

Namun saat ini kita hanya bisa download 1 bulan dalam 1 kali download.

Bulan paling lama yang bisa didownload di rekening saya itu Januari 2016. Lebih lama dari itu tidak bisa. Sebagai informasi, saya membuat rekening BCA ini pada 2010/2011, jadi memang periode yang tersedia mulai dari 2016.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 7Klik tombol Download.

Lalu file format PDF akan terdownload ke laptop/HP kita.

Jika di HP, bisa gunakan aplikasi PDF reader untuk membukanya. Di laptop kita bisa pakai PDF reader atau browser untuk membukanya.

Bentuk e-Statement-nya begini, ini contoh untuk bulan Januari 2016 dari rekening saya.

Cara Cetak Rekening Koran BCA Sendiri Secara Online 8

Tampilannya seperti cetakan di Buku Tahapan BCA ya, jadi agak susah untuk dibaca. Andai bentuknya lebih seperti file Excel gitu pasti lebih enak 😀

Langkah di atas bisa dilakukan baik di laptop ataupun HP. Kalau di HP, gunakan browser ya, bukan aplikasi BCA. Langkahnya sama saja.

Nah, jadi kalau kita sedang gabut, kita bisa download semua e-Statement dari Januari 2016 sampai bulan ini. Gunanya apa? tentu untuk mendata semua transaksi, kalau saya mungkin berguna juga untuk menghitung hutang-hutang 😀

Oke, demikian cara mudah cetak rekening koran BCA atau e-Statement Bank BCA melalui laman Klik BCA secara online dari HP atau laptop. Semoga bermanfaat dan good luck.

LEAVE A REPLY