Satu keinginan yang masih dalam angan-angan just muha adalah ini, mungkin ya… live in a camper.

Jadi, camper itu gaes, adalah kendaraan yang disulap menjadi rumah juga, tapi karena namanya aja CAMPer, ya rumahnya lebih mirip kemah2an gitu, cuma lebih berkelas dikit lah.

Nah, beberapa ribu menit yang lalu, ada komentar masuk di blog just muha, kira-kira komentarnya bertanya seperti ini; “kalau di US kan ada tempat buat berhentinya campervan, kalau di Indonesia gimana dong?”

Double cabin campervan
Ini kek gini disebut Camper juga loh, Truck Camper

Waktu itu sudah saya bales ya komentarnya, tapi saya pikir2 lagi, bayang2in lagi, kok masih agak ngeganjel ya. Alias, saya sendiri jadi gak yakin dengan jawaban saya itu.

Emang saya jawab apa sih? Kemarin, saya itu fokusnya cuma ke keamanan dari warga dan patroli polisi. Sedangkan yang lain, ya walaupun masuk dalam konsiderasi, tapi gak terlalu jadi faktor utama, misalnya ya kenyamanan.

Karena seperti kita ketahui, budaya hidup di campervan atau karavan di Indonesia ini masih sangat terbatas, kalau yang tidur di mobil sih banyak, tapi ya gitu aja, mobil gak ada perlengkapan camp apa-apa, cuma reclining kursi, dan tidur di situ. Dan, itupun dalam keadaan terpaksa serta sementara.

Nah, camping di mobil, atau hidup di campervan, itu beda cerita gaes.

Hidup di mobil Campervan di mobil kecil

Live in a camper, itu gak cuma buat sehari dua hari, tapi ya bisa berminggu-minggu, bulan, bahkan tahun.

Loh, gimana caranya, emang gak kerja ke kantor?

Dan pertanyaan sejenis itu..

Well… Kalau Anda menyempatkan nonton video2 di Youtube tentang gaya hidup di campervan, kalian akan tau deh, kenapa mereka (dan saya), ingin dan mau hidup di jalanan, dan memungkinkan, tanpa harus meninggalkan kantor, lah orang gak punya kantor juga, ya gak ada yang ditinggalkan, haha…

Mereka itu, orang2 “gila” yang pastinya akan cukup sulit dimengerti oleh orang-orang waras.

Hidup di mobil camper

Berhubung saya ini termasuk sedikit “gila” juga, ya jadi mudah banget untuk memahami gaya hidup yang mereka jalani.

Kembali ke topik, andai dikasih kesempatan untuk hidup di jalanan, tidur di campervan, di mana kita bisa berhenti untuk lalu tidur, istirahat, masak, mandi, dst, dst…

Bagaimanapun, hidup di jalanan, tetap aja butuh toilet dan kamar mandi. Butuh makan juga. Di mana dong?

Kita mulai dari, mandi di mana?

Gak usah mandi, pake tissue basah aja..

Haha, kidding… Ya kalo mandi mah ya di sungai aja bro, atau di air terjun, haha… sorry2.. kidding lagi, tapi agak serius sih yang terakhir ini, cuma ya gak setiap saat juga mandi di kali, kadang-kadang aja lah ya..

Shower portable buat mandi saat camping

Solusi untuk masalah permandian adalah; di WC umum. Yes, as simple as that. Gak enak dong?

Yes. Karena itulah, kita mesti nyari alternatif lainnya selain WC umum yang seringnya begitu, tau sendiri lah ya.

1. Bagi Muslim, maka Masjid (yang agak bagus dan besar) bisa dijadikan tempat numpang ber-Thoharoh alias mensucikan diri, termasuk semua urusan perairan.

Kalau Masjid yang agak kecil, biasanya ada yang bersih, ada yang kotor juga, gak enak. Tapi kalau Masjid besar apalagi Masjid Agung misalnya, itu WC-nya buanyak biasanya, dan nyaman, bersih, insyaAllah suci.

2. Toilet Rest Area atau SPBU Besar biasanya banyak jumlahnya, dan relatif terjaga kebersihannya ya kan. Dan memang biasa dipakai untuk mandi supir2 truk, dan pemudik.

Nyaman gak? Hmm…

3. Toilet tempat wisata.. Ini nih agak campur2 kondisinya. Ada yang bersih, ada yang jorok banget.. Ya tergantung wisata apa dan di mana ya kan 🙁

Kok tempat wisata? Maksudnya tempat wisata yang kita bisa sekalian nge-camp di situ.. Di pantai-pantai gitu kan banyak juga toilet dan kamar mandinya ya kan. Terus di pegunungan juga..

4. Toilet di Bumi Perkemahan. Saya baru pernah ngunjungin itu satu doang BuPer yakni di Ranca Upas, Ciwidey.. Eh, belum pernah ta bikin ulasannya di sini ya 🙁 Besok2 lah ya…

Waktu ke situ, saya gak nyobain toiletnya.. dan yang terlihat, antrinya panjang cuy.. Karena lagi liburan panjang gitu sih. Di BuPer, kita bisa nge-camp juga, di mobil aja.

4. Hmm… sebenarnya ada beberapa lagi yang lainnya… Tapi kok dipikir2 lagi kek kurang nyaman ya…

Yasudah, barangkali kalian ada yang punya ide soal hidup di campervan, sharing2 lah ya di kolom komentar..

See you..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here