Setelah menggunakan Redmi Note 10 Pro selama beberapa bulan, saya bisa mengambil kesimpulan tentang kelebihan dan kekurangan ponsel ini.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro Desain cantik

Redmi Note 10 Pro didesain berbeda dibanding ponsel Xiaomi lainnya di rentang harga kurang dari 5 juta.

Sure, Poco F3 atau F4 punya performa terbaik dibanding lainnya. Atau yang punya 5G, dan lain sebagainya. Namun Redmi Note 10 Pro menurut saya sejak awal didesain sebagai ponsel yang serba cukup di berbagai sektor dan lebih khusus didesain untuk YouTuber atau content creator.

Yes, kamera Redmi Note 10 Pro ini bahkan lebih baik dibanding ponsel yang lebih mahal. Di laman resminya disebutkan kamera Flagship Grade, sePeDe itu Xiaomi melabeli kamera ponsel ini.

Saya juga coba bandingkan dengan ponsel kelas atas seperti iPhone 13 Pro, Galaxy S22 Ultra, khususnya untuk video 4K, dan ternyata memang kamera Redmi Note 10 Pro sebagus itu. Bahkan lebih tajam dari ponsel flagship.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro kamera berkualitas

Tentu saja tidak bisa dibandingkan head-to-head karena mau bagaimanapun iPhone 13 Pro dan Galaxy S22 Ultra adalah flagship phone beneran yang tentu saja fiturnya lebih lengkap, misal fitur stabilisasi video hingga resolusi 4K, dimana itu gak ada di Redmi Note 10 Pro. Atau kemampuan low light lebih baik karena sensor lebih besar.

Tapi itu bukan masalah karena saya pribadi hampir gak pernah rekam video di resolusi 4K, karena ukuran filenya bakal guede banget sehingga ponsel cepet penuh. Bahkan resolusi 1080p 60fps pun sudah beda banget ukuran filenya. Jadi, EIS di 1080p 30 fps udah cukup.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro layar tajam

Jadi jelas ya, yang paling unggul dari Redmi Note 10 Pro ini memang kameranya untuk merekam video. Bukan satu-satunya, ada beberapa ponsel lain yang kualitas kameranya mendekati.

Tapi bukan tanpa kekurangan, dan berikut adalah kelebihan-kekurangan Redmi Note 10 Pro menurut just Muha.

Mumpung masih ada stock-nya, kalian bisa beli di link ini (recommended). Walau ada Redmi Note 11 Pro, tapi bagi saya Redmi Note 10 Pro masih lebih menarik.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

Langsung saja, apa kelebihan Redmi Note 10 Pro?

Kelebihan Redmi Note 10 Pro layar tajam

  • Harga saat ini sudah berkisar di 3,3 jutaan rupiah, artinya sudah ada penurunan sekitar 300 ribuan dari beberapa bulan lalu sebelum penerusnya; Redmi Note 11 Pro diluncurkan.
  • Material body mewah dengan cover belakang kaca. Frame memang bahan plastik, tapi mewahnya cover belakang bisa menutupi itu. Tapi tentu saja, mayoritas akan menggunakan case silikon. Oh iya, tahan percikan air dengan IP53.
  • Desain dengan sisi membulat bikin nyaman di genggaman.
  • Layarnya AMOLED 120Hz yang bisa diturunkan menjadi 60Hz untuk menghemat baterai. Kualitas memuaskan dengan kecerahan layar lebih dari cukup. Ukuran juga terbilang besar sehingga enak untuk menikmati konten multimedia.
  • Performanya mencukupi, apalagi memory besar 6/8 GB sehingga menjalankan berbagai aplikasi jarang ngelag, hampir gak pernah.
  • Jarang mengalami panas, biasanya panas kalau HP ditaro di kasur/bantal sehingga gak ada sirkulasi udara, sambil rendering video atau lainnya.
  • Untuk gaming so far cukup. Game yang saya coba cuma 8 Ball Pool dan PUBG Mobile aja sih.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro audio jack

  • Ada Audio Jack 3.5mm sehingga gak perlu adapter USB to 3.5mm jack saat harus pakai earphone berkabel atau mic eksternal.
  • Stereo Speaker dengan kualitas audio yang memuaskan di kelas HP kurang dari 5 juta.
  • Kualitas foto dan video Redmi Note 10 Pro ini JEMPOLAN banget. Memang flagship grade kalau di siang hari. Kalau di malam hari tentu kalah dari ponsel yang beneran flagship karena ukuran sensornya berbeda. Super tajam ketika rekam mode 4K, bahkan lebih tajam dari ponsel flagship jika cahayanya cukup. Agak membingungkan sih kenapa bisa tajam banget, gak percaya? Bandingkan saja melalui fiturnya GSMArena. Lihat sample video yang saya rekam di sini.
  • Kamera ultrawidenya juga terbilang tajam, apalagi ada kamera telemakro 5MP yang ada autofocus-nya, bisa tajam banget dan gak perlu deket ke objek yang kecil.
  • Ada fitur-fitur tambahan untuk video yang sangat memudahkan untuk rekam video kreatif. Misalnya Dual Video untuk menghidupkan kamera depan dan belakang berbarengan, Vlog Mode meski durasinya pendek, dsb.
  • Baterai 5000 mAh terbilang awet karena chipsetnya memang irit daya. Charging cukup cepat dengan 33 Watt, 1 jam 20 menit full 100%.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro stereo speaker

  • Fitur-fitur seperti NFC, Infrared, dan FM Radio tersedia.
  • Dual SIM dan tersedia microSD slot, berguna banget buat ekspansi kapasitas penyimpanan. Yes, sangat berguna karena meski kapasitas penyimpanan 128 GB, kalau sudah banyak rekam video, pasti butuh tambahan microSD.

Kekurangan Redmi Note 10 Pro

Kekurangan Redmi Note 10 Pro fingerprint

  • Fingerprint sensor ukurannya kecil memanjang, bukan bulat seperti banyak ponsel lainnya atau under display. Kinerjanya sih oke dan cukup cepat, hanya kadang-kadang agak lama mendeteksi jari kita kalau layar mati dalam durasi lama.
  • EIS (Electronic Image Stabilization) bekerja maksimal pada resolusi 1080p 30fps. Jika 1080p 60fps atau 4K, maka videonya akan shaky, solusinya rekam dengan resolusi 4K kalau pakai tripod. Tes EIS yang saya rekam di sini.
  • Kualitas kamera di kondisi gelap terbilang biasa saja. Gak mengecewakan namun ya standar saja belum sampai level memuaskan.
  • Chipset harusnya dibenamkan yang lebih powerful seperti halnya Note series zaman dulu, eh padahal ini seri Note Pro juga ya kan.

Kelebihan Redmi Note 10 Pro

Overall, untuk harga yang masih 3 jutaan, di bawah 4 juta, apalagi sekarang sudah di 3,3 jutaan untuk varian RAM 6GB, Xiaomi Redmi Note 10 Pro ini sangat-sangat memuaskan.

Semua kebutuhan dicover dan serba lebih dari cukup di sana-sini, bonus kualitas kamera yang memang ajib banget. Cocok untuk kalian yang suka bikin konten video.

Kekurangan yang dimiliki tidak membuat Redmi Note 10 Pro menjadi tidak layak dibeli karena kelebihannya terlalu banyak dibandingkan banderol harganya. Barangnya mulai langka, segera beli di sini untuk harga Redmi Note 10 Pro terbaik.

LEAVE A REPLY