Mungkin kalian pernah ngirim foto antar WhatsApp atau aplikasi chat lainnya dengan tujuan mengecilkan ukuran foto atau video.

Padahal ada cara yang lebih mudah dan sangat fleksibel untuk mengubah ukuran video menjadi lebih kecil.

Di sini saya akan bahas 1 aplikasi android terbaik untuk mengecilkan ukuran video setelah just Muha melakukan uji coba pada beberapa aplikasi pengompres video.

Video Compressor terbaik

Namun sebelum itu, sedikit info lain soal mengecilkan video, kalian juga bisa manfaatkan aplikasi video editor untuk mengecilkan video. Caranya, edit video, tak perlu diubah isinya, lalu langsung simpan video atau export video dengan ukuran resolusi lebih kecil dan kualitas video lebih rendah (menurunkan bitrate). Aplikasi recommended (tanpa watermark) ada You Cut, VN, dan CapCut.

Namun cara tersebut tidak sefleksibel jika menggunakan aplikasi pengompres video.

Jadi, cara terbaik adalah menggunakan aplikasi pengecil ukuran video berikut.

Aplikasi Video Compressor Android Terbaik

Video Compressor terbaik
Video Compressor & Video Cutter by MobileIdea Studio

Aplikasinya bernama Video Compressor & Video Cutter, download resmi di sini. Aplikasi yang mirip banget UI dan fungsinya (kemungkinan pemiliknya sama) bernama Video Compress, di sini downloadnya.

Video Compress
Video Compress by Mel studio apps

Aplikasi ini paling lengkap dan paling fleksibel dibanding banyak aplikasi pengecil ukuran video lainnya.

Tidak dibatasi resolusi hingga Full HD bahkan lebih untuk versi gratis sekalipun, juga bisa mengatur bitrate video sehingga meskipun misalnya video tetap 1080p namun ukuran file bisa jauh lebih kecil dari video aslinya, berkat menurunkan video bitrate.

Sebagai informasi, kalau kalian upload video ke YouTube, itu nanti pasti akan dikompres juga oleh YouTube yaitu dengan menurunkan video bitrate, sedangkan resolusinya tetap, tidak diubah.

Kekurangan aplikasi ini hanya karena ada iklannya saja, tapi menurut saya pribadi, iklannya masih sangat bisa diterima. Hanya muncul sekali dalam satu siklus mengecilkan video, bahkan kadang tidak muncul. Kalau dimatikan dulu Mobile Datanya mungkin gak muncul ya iklannya.

Cara menggunakannya cukup mudah 

Pertama, Buka aplikasinya. Lalu pilih folder tempat video berada, lalu pilih videonya. Kita bisa urutkan berdasarkan tanggal, nama, atau ukuran video dengan klik 3 garis di pojok kanan atas.

Cara mengecilkan ukuran video 1

Di laman berikutnya, ada pilihan apakah kita mau Compress Video, Cut+Compress (potong dulu baru dikompres), Fast Forward, Extract MP3, dan putar video. Sesuai tujuan kita, klik Compress Video.

Nah setelah itu biasanya muncul iklan. Tunggu hingga selesai lalu klik icon X untuk menutup. Jika salah sentuh dan menuju Play Store, maka kembali saja dengan menyentuh fungsi kembali di HP.

Nah lalu ada pilihan apakah mau mengompress High Quality, Low Quality, atau favorit saya adalah Custom.

aplikasi android untuk mengecilkan video

Di menu Custom, kita bisa turunkan resolusinya, atau turunkan Bit Rate, atau dua-duanya diturunkan juga bisa. Seperti terlihat di gambar, menurunkan Bit Rate 50% tanpa menurunkan resolusi sudah bisa mengecilkan video menjadi setengahnya saja.

Jika sudah yakin dan mantap, maka klik tombol COMPRESS VIDEO untuk memulai proses pengecilan video. Jika ingin melakukan aktivitas lain, ada menu untuk Running in Background juga ya jadi aman.

aplikasi compressor video terbaik

Nah, setelah selesai maka akan terputar videonya di laman aplikasi. Jika Running di Background sih tidak, kecuali kita buka lagi aplikasinya.

Video baru yang sudah dikompres akan masuk ke folder IdeaVideoCompressor yang ada di folder Movies kalau bukanya dari File Manager.

Nah gimana? Mudah bukan?

Cara mengecilkan ukuran video ini akan berguna banget kalau kita misalnya mau tetap menyimpan video meskipun jarang ditonton dan kita gak tega mau menghapus tapi kapasitas penyimpanan ponsel kita terbatas.

Saya biasanya menurunkan ukuran video hingga sisa 30% juga masih bisa dinikmati videonya. Namun untuk video penting biasanya saya jaga di 50%.

Oke, semoga tutorial ini bermanfaat dan good luck.

LEAVE A REPLY