Berbagai Wisata (Sederhana) di Cirebon

Makna wisata itu menurut saya beda-beda tiap orang. Di bidang wisata juga kita mengenal berbagai jenis wisata seperti wisata religi, wisata kuliner, alam, edukasi, dsb.

Ada yang tinggal di daerah pegunungan dengan pemandangan indah, namun dia tidak merasa sedang berwisata karena sehari-harinya memang tinggal di situ. Wisata menurut warga pegunungan biasanya pergi ke kota. Ya gak mesti pegunungan juga sih, keluarga saya di desa juga suka berwisata ke kota.

Sedangkan sebaliknya, mereka yang tinggal di kota, maka ketika pergi ke daerah pegunungan, mereka bisa menikmati pemandangan sambil berwisata.

Wisata itu jadi apa ya, menikmati sesuatu yang gak biasa dan meningkatkan perasaan gembira?

Membahas judul yang sebenarnya dibikin secara spontan, di Cirebon banyak sekali tempat wisata yang bisa dinikmati.

Orang-orang luar Cirebon, datang ke Kota Cirebon biasanya menikmati suasana kota Cirebon (yang sudah sering macet) dan menikmati kelezatan kuliner khas Cirebon. Mesti saya akui, masakan Cirebon itu paling nikmat sih, saingannya mungkin masakan Padang.

Selain wisata perkotaan dan kuliner, di Cirebon juga kita bisa menikmati wisata sejarah dan edukasi, di Cirebon ada beberapa keraton dan yang paling ramai dikunjungi salah satunya adalah Keraton Kasepuhan. Kita bisa kembali ke masa lalu dengan melihat bangunan di Keraton dan peninggalan-peninggalan bersejarah. Justmuha sih betah banget ya di sini….

Yang suka wisata religi khususnya bagi Muslim, bisa sekalian ke Gunung Jati di mana ada Pesarean Sunan Gunung Jati. Justmuha udah 3x ke sini, siap2 aja sediain recehan karena peminta2nya banyak.

Yang ingin menikmati laut Cirebon, bisa ke Ade Irma atau Kejawanan. Harus diakui, laut Cirebon gak begitu indah. Mungkin lebih suasananya yang bisa kita nikmati.

Laut Kejawanan Cirebon

*Maaf justmuha sekarang gak gitu sering foto2 kalau ke Cirebon, koleksi sih banyak banget, tapi belum kiyeng ngubek2 hard disk. Ntar lah ya nyusul….

Lalu, tempat wisata apa lagi yang ada di Cirebon?

Wisata sejarah, edukasi, dan religi di Cirebon, adalah wisata-wisata yang termasuk sederhana, gak perlu duit gede. Sedangkan wisata kuliner Cirebon, tergantung di mana Anda menikmatinya, kalau di Resto, tidak lagi sederhana. Tapi kalau di pinggiran jalan, di penjual-penjual Nasi Jamblang Cirebon yang dipinggir jalan, harganya rata-rata terjangkau. Dan menurut saya, sebaiknya Nasi Jamblang yang dikunjungi, tidak itu-itu saja, banyak penjual lain yang sebaiknya kita kunjungi juga.

Di Cirebon, ada juga daerah batik, Anda bisa kunjungi daerah Trusmi di Plered. Banyak sekali toko2 batik di situ. Sekali lagi, sebaiknya Anda tidak hanya mengunjungi toko besar yang sudah populer itu, kunjungi toko2 kecil lainnya agak tidak berefek monopoli wisata belanja batik di Trusmi.

Nah, wisata-wisata itu semua, sayangnya bukan wisata favorit justmuha. Saya kalau ke Cirebon, lebih suka menikmati bangunan-bangunan dan suasana lama di Cirebon, suasana di depan Masjid Agung Cirebon, Masjid Cipta Rasa, dan kalau ada waktu, menikmati keindahan alam di daerah yang masih tetanggaan, Kuningan dan Majalengka.

Kalau Anda ingin berwisata alam, Kuningan adalah tempat yang cocok untuk Anda. Mulai dari daerah Sumber Cirebon, kita sudah menemukan dataran2 hijau yang menyejukkan mata, wisata seperti ini sudah sangat memanjakan justmuha.

Kalau ingin lebih jauh, di Kuningan banyak wisata-wisata alam seperti curug atau air terjun, pemancingan ikan, dan juga banyak Vila yang bisa kita sewa untuk menikmati kesejukan alam Kuningan. Wisata Cibulan dan Sidomba adalah yang cukup Populer di Kuningan. Ada juga waduk Darma yang indah, atau Linggar Jati untuk menikmati kesejukan alam.

Linggar Jati Kuningan
Pengamen cilik di Linggar Jati, aku suruh nyanyi lagu anak2 malah gak ada yang hapal 😀

Di Majalengka juga cukup banyak curug indah yang bisa dikunjungi. Saya hanya pernah ke satu curug yang sayangnya kurang cocok untuk Anda yang sudah senior karena tangga turunnya cukup menyiksa lutut. 🙁 Kalau lagi musim hujan juga akan memberikan tantangan lebih berat di jalanan karena kadang ada jalan rusak dan mobil harus didorong.

Curug di Majalengka

Sedangkan di Indramayu yang masih masuk Wilayah 3 Cirebon, justmuha hanya pernah wisata ke pantai yang lumayan virgin, meski harus ditempuh jalan kaki, dan jauh. Ada sih yang terkenal, lupa saya namanya.

Pantai di Indramayu
Berasa terdampar di pulau kecil di tengah lautan gak sih?

Kesimpulannya, di Cirebon dan sekitarnya, wisata yang tersedia sangat beragam. Yang tidak dimiliki daerah Cirebon adalah laut biru yang jernih. Wisata lainnya hampir semua ada di Cirebon.

Wisata budaya, religi, alam, belanja, kuliner, batik, sejarah, kesenian, dan lain sebagainya, ada di Cirebon. Kalau kurang, bisa ke kabupaten Kuningan dan Majelengka yang lebih asri alamnya.

Aduh, baru bulan kemarin ke Cirebon, kok udah kangen lagi ya :((

*Tulisan ini hanya curhat, bukan ulasan wisata di Cirebon yang serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *