Macam-macam Mobil Camping/ Campers/ Campervan

Just Muha lagi seneng banget nih nulis tentang mobil camper. Istilah lainnya banyak banget ya, ada yang nyebut mobil karavan, motorhome, campervan, camper car, campers, dll.

Nah, di sini just Muha gak pengen bahas istilah2 itu, kalian bisa baca aja di Wikipedia English.

Sekarang, saya pengen cerita aja, apa yang saya tau tentang macam-macam mobil camper, atau mungkin enaknya kita sebut campers aja ya ke depannya.

Campers apaan sih?

Kalau googling “camper”, ternyata ini merk sepatu gitu. Tapi kalau ditambahin “s”, barulah keluar itu mobil-mobil yang kebanyakan merupakan mobil biasa yang dikonversi menjadi campervan.

Untuk tambahan inspirasi; lihat juga; campervan biasa, barang2 yang wajib ada di mobil camping/ campervan.

Nah, campers; gampangnya, adalah mobil yang bisa dipake untuk camping, tidur di dalamnya, dan melakukan beberapa hal lain yang masih khas camping, misalnya memasak makanan, atau mandi.

Sebuah mobil campers yang lengkap, tentunya sudah memiliki hal-hal yang harus ada dalam sebuah rumah. Apalagi Motorhome, itu artinya aja udah ada “rumah”nya, pasti harus lengkap dong.

Di Motorhome yang harganya bisa milyaran, biasanya ada springbed, sofa, mesin cuci ukuran normal, refrigerator juga ukuran normal, tv ukuran normal, toilet lengkap ukuran normal, dapur, rak baju, dll, tergantung custom.

Sedangkan sebuah camper yang lebih sederhana, biasanya yang harus ada hanya rak2 penyimpanan, dapur termasuk kompor dan sink water system, meja makan, dan kasur yang sebagian dibuat bisa fleksibel dibikin sofa.

Just Muha sebagai warga yang merakyat dan kere ini, ogah banget kayaknya pake motorhome gitu. Tapi kalo campervan atau camper truck, mau banget.

Model2 mobil camper ada apa aja sih?

Motorhome

Udah dijelasin di atas ya sebagian. Ukurannya gede, setara bus long base (kelas luragung atau setia negara gitu), bahkan long banget kelas bis malam antar provinsi. Tapi kalo di Indo, palingan yang short base ya, macam kopaja gitu, kecuali kalau hire supir bus khusus.

Motorhome biasanya dibuat oleh perusahaan besar, baik di luar ataupun Indonesia. Ada juga motorhome yang langsung dibuat oleh produsen mobil (biasanya super mahal). Di Indonesia juga ada motorhome, tapi belum beneran bikinnya 😀

Selain menggunakan basis bus, motorhome juga bisa dibuat dari truck gede bahkan dengan penggerak roda lebih dari 4×4, 6×6 misalnya. Truck yang dipake biasanya truck perang gitu, di Indo belum pernah liat sih. Kalau motorhome-nya dibangun dari truck, biasanya motorhome adventure, berkelananya bukan cuma di aspal tapi di tanah perbukitan, gurun, bahkan lumpur…. serem ya… tapi asik kayaknya.

Campervan

Menurut saya, campervan, lebih pas disematkan untuk mobil ukuran kecil sampai besar tapi masih normal. Mobil yang dipake bisa mulai dari City car macam Honda Jazz, SUV macam CRV, MPV macam Innova, dan big MPV yang tentunya lebih leluasa disematkan barang2, contohnya Hyundai H1, Alphard, Hiace, dll. Yang medium juga ada seperti Toyota Nav1, Nissan Serena, dll lah.

Pick-up Campers

Mobil pick-up, dimodif di bagian bak(bed)nya aja, dibuat kotak2 dan drawer penyimpanan, di atasnya dipasang kasur, lalu pelindung baknya dipasang canopy, bisa yang mahal beli jadi original, atau bisa juga custom.

Mobil pick-up ini menurut saya kok paling asik dimodif jadi camper car. Tapi kekurangannya, kalau pick-up single cabin, cuma bisa dua orang doang. Kalau D-Cab bisa 4 orang tapi area camper lebih sempit.

Big SUV Campers

Ini mirip sih ama Campervan, cuma biasanya…. di dalamnya didesain lebih lengkap, dan area campernya tidak di dalam mobil tapi di atap mobil. Bisa modif atap dengan dipotong gitu, atau biarkan apa-adanya langsung pasang top roof tent aja.

Sayangnya, di Indo, mobil yang tersedia sangat terbatas, Landcruiser seri 70; gak dijual di Indo, Land Rover Defender; mahal luar biasa…

Alternatifnya, bisa gunakan mobil D-Cab dengan modif mirip seperti SUV campers.

Cabin Campers

Ini apa ya namanya, pokoknya, jenis ini, membawa cabin terpisah dari mobil, lalu ditarik menggunakan mobil. Kayak mobil gandeng gitu, atau kayak truck2 container.

Di Indo, kayaknya susah untuk pake jenis mobil camper yang begini, baru bentar jalan, bisa2 diberhentiin polisi. Apalagi jalan2 di Indo juga sempit2, misal luas, pun jadi sempit karena saking ramenya jalan.

Dari jenis2 mobil di atas, kesimpulannya simpel aja; SEMUA MOBIL BISA DIBIKIN/ DIKONVERSI MENJADI CAMPERVAN/CAMPERS.

Gak harus beli mobil baru untuk menjelajah dan camping di mobil. Tinggal lipat kursi atau sekalian lepas dulu, pasang drawer storage, pasang kompor dan sink water, dikasih kasur di atasnya, jalan deh. Itu kalau mobil jenis selain pick-up. Kalau mau jelajah ke daerah yang antah-berantah, sepertinya minimal harus yang 4WD mobilnya, dan yang paling murah kondisi baru ya mobil pick-up, single cab atau double cabin, sayangnya tiap 3 bulan harus ngurus KIR.

Moga2 ocehan saya di atas ada gunanya walaupun dikit… See yaaa….. 😀  *Gambar nyusul btw.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *