Di US, car to camper conversion itu sudah sangat biasa. Terlalu banyak contoh mobil-mobil yang dikonversi menjadi sebuah karavan.

Istilah lain untuk karavan ini adalah motorhome, tapi saya lebih suka menyebutnya; campervan. Karena lebih sederhana.

Meski sederhana, namun semua kebutuhan kita bisa dimasukkan ke sebuah campervan. Tentu jenis mobil yang akan kita konversi juga sangat berpengaruh ke kelengkapan dalam campervan.

campervan-simpel-s

Di Indonesia, kita sangat jarang menemukan mobil consumer dengan ukuran yang sangat besar. Paling besar di sini ada Toyota Hiace, Hyundai H-1, Alphard, Nav1, Serena, dan yang sekelasnya.

Toyota Hiace sendiri di luar cukup populer untuk dikonversi menjadi campervan. Tapi mobil ini tentu bukan favorit semua orang. Mungkin Hyundai H-1 lebih praktis dengan ukuran mobil yang tetap lapang.

Orang di Indonesia biasanya sangat takjub dengan keluaran mobil dengan fitur-fitur khas motorhome, padahal fasilitas campervan di mobil tsb bisa kita desain dan buat sendiri. Ya tentunya bisa juga meminta bantuan ahli modifikasi. Indonesia punya banyak modifikator handal.

Apa saja yang bisa kita masukkan ke dalam mobil camper?

Semua yang kita butuhkan, termasuk; dapur, ranjang tempat tidur, meja kerja, lemari pakaian, tempat penyimpanan, bahkan toilet portable.

Meskipun kita sangat mudah menemukan toilet umum di Indonesia, tapi dengan adanya toilet portable (porta potty mini misalnya), kita bisa lebih tenang. Jarang digunakan akan lebih bagus.

Lebih mantap lagi jika kita masukkan juga kamar mandi dengan shower. Ini berlaku untuk mobil yang agak gedean ya. Kalau Hiace, itu masih mungkin dilengkapi shower room.

Yang paling penting, ada tempat tidur. Yang lain bisa kita dapatkan secara mudah. Kalau ingin adventure, maka alat masak atau dapur akan menjadi kebutuhan essential juga karena kita gak bisa mampir ke warteg atau warung nasi padang.

campervan-simpel

Sebagai blogger, maka kebutuhan yang bahkan lebih penting dari tempat tidur adalah meja kerja dengan kursi yang nyaman. Saya sempat memikirkan beberapa cara untuk membuat tempat kerja di mobil.

Beberapa pilihan yang ada; gunakan kursi penumpang depan untuk kursi kerja, lalu menambahkan flexible table di depannya, atau bisa memodifikasi dashboard dan laci mobil. Cara kedua adalah dengan membuat meja kerja beneran, lalu menggunakan kursi kantor beneran yang kakinya dimodikasi agar space di mobil lebih lega.

Cara lainnya, menggunakan meja buatan, namun menggunakan ranjang tidur, atau bisa juga sofa-bed sebagai kursinya.

Yang perlu diperhatikan, adalah keamanan. Jangan sampai dengan adanya modifikasi campervan tsb, kita kenapa-kenapa di jalan. Modifikasi sebaiknya tidak berlebihan.

camper-expedition-s

Baiklah, itu sedikit ide untuk membuat campervan dari mobil biasa. Di Indonesia gaya hidup ini sangat jarang, malah belum pernah dengar sama sekali, berbeda jauh dengan di US. Tapi saya yakin, beberapa tahun ke depan akan mulai terkenal, kalau bukan orang lain yang bikin populer, maka saya yang akan mempopulerkan 😀

Kalau browsing di google image, belum nemu satupun yang menggunakan desain campervan seperti yang saya impikan, termasuk foto2 di atas ini cuma ilustrasi. Mudah-mudahan justmuha bisa merealisasikan sebuah campervan yang keren dan sesuai impian.

Gimana, ada yang tertarik dengan gaya hidup di campervan?

40 COMMENTS

  1. Siang,Pak,Saya br saja baca artikel bpk n tertarik utk Tahu lebih jauh saat Saya baca kalimat bahwa Indo punya byk modifikator handal krn Saya sbnrnya sdg mencari org yg mmg bnr2 qualified utk mengkonversi Mobil biasa mis:vw ke campervan cm Saya blm punya referensi. Dan saya jg blm tau biaya yg dibthkan utk mengkonversi ​mobil menjd campervan,jd bnr2 msh ngeraba ibaratnya.tp ide punya caravan ini sbnrnya ud ckp lama Ada di benak hanya saja blm bs terealisasi. Mgkn klo bpk tdk kbrtn bs berbagi dgn saya info lokasi para modifikator handal td Ada dmn aja spy Saya bs menghubungi mrk utk tau estimasi biaya yg dibthkan. Ditunggu infonya ya,Pak. Atas info n kesediaannya,Saya ucapkan trm ksh byk.

    • ahli modifikasi memang banyak, tapi khusus untuk campervan sepertinya masih sangat sedikit. yang jelas, ada perusahaan karoseri, bikin mobil campervan termasuk gampang bagi mereka, tapi biayanya bisa lumayan. kalau liat cara-cara orang luar bikin campervan, banyak yang bikin sendiri. Kalau gak sanggup sendiri, bisa minta pengrajin furniture.

  2. Nice article bro. Kbtulan minivan ane baru bbrapa bulan lalu keluar bengkel. Konsepnya dri awal tu mobil pengen dual fitur : buat dipake harian sma dipake dagang.
    Stlah baca bbrapa artikel ttg campervan, ane malah jdi terinspirasi bwt traveling kluarga pke yg campervan.
    Tinggal melengkapi fitur di mobil nih dikit-dikit 🙂

  3. Nice idea Bro….saya termasuk yg punya mimpi untuk bisa punya campervan. Saat ini baru sedikit aplikasi campervan yg saya bikin untuk mobil saya secara terbatas, karena jenis mobilnya juga kurang sesuai utk fully converted into camper. Ini sy sharing bbrp foto ya…
    Terima kasih.

    • Yoi bro..

      sempat pertimbangin grand max/ luxio, ini mobil kayaknya oke banget buat bikin camper, boxy gitu. tapi ada kekurangan yg bikin ragu.

  4. Numpang tanya nih, kalo camper van ini mobilnya berhenti dimana ya kalau mau tidur ?
    Kalau di US kan ada semacam tempat utk berhenti..

    • Hello Mike 🙂

      Semoga Anda bukan Mike yang saya kenal..

      Di US mereka paling sering (setau saya) berhenti di camper park, Walmart atau sejenisnya, dan camping ground.. Sedangkan kalau masuk perumahan itu riskan kena tegur ama patroli..

      Di Indonesia, menurut saya sih jauh lebih gampang karena gak seketat di US peraturannya. Berhenti di dalam perumahan bahkan masih aman.. Berhenti di manapun selagi aman dari orang jahil, bakal aman dari teguran..

      Skedar ide tempat berhenti; SPBU, Bumi perkemahan, tempat wisata yang buka terus, masjid, sekitar pertokoan atau minimarket, perumahan yang gak terlalu ketat, pinggir jalan desa yang relatif aman, alun-alun, rumah makan yang gede, area bisnis, dll..

      Intinya sih, menurut saya di Indo lebih bebas di mana aja, gak akan terlalu bermasalah ama peraturan atau polisi. Paling kalau nginep kelamaan di dalam peruamahan bakal dicek ama warga.. yang penting sih, aware ama keadaan sekitar apakah bahaya atau tidak dari tangan jahil.

  5. Salam kenal broo… Postingany mantap… Sama ane jg penggemar motorhome.. Menanggapi komentar ocha.. Hai.. Lam kenal iyaa ocha… setau ane di karoseri BAZE, di daerah gunung putri bogor… Coba cari mbah google.. Pasti ada.. Selamat mencoba

  6. Salam kenal bang, kebetulan kita punya hobi sama kali ya hehe, saya juga rencana pengen bikin campervan pake l300 minibus. Kapan kapan mungkin bisa saling tuker pikiran bang buat konsep modifikasinya hehe

    • Salam kenal juga.
      wih iya ya, mantap tuh l300, lega sepertinya.
      saya jg gak sabar pengen ngerealisasiin beberapa ide yang udah terpendam terlalu lama 😀
      kapan2 diskusi ya, semoga..

  7. Salam kenal mas Bro dan para penggemar Caravan, Campervan, RV, or Motorhome.

    Terimakasih atas artikel yang cukup menarik ini.

    Mohon & ijin untuk commercial brake mas bro, jika ada yang berminat untuk memiliki Caravan model towing (base on trailer), saya dan Tim dapat mendisain dan memproduksinya dengan dua pilihan chassis, Aluminium atau Steel. Untuk bangunan atas bisa tergantung kesepakatan (ACP, FRP, dsb). Sistem kelistrikan bisa dicombine dengan konsep Go-Green (Solar System) sampai penggunaan Marine toilet (include sistem air bersih dan air kotor).
    Selain caravan juga sy dan Tim menerima untuk pembuatan food trailer, office trailer, toilet trailer, transporter trailer, dsb.

    Untuk diskusi lebih lanjut mohon berkenan untuk menghubungi ke progressive_aoki@yahoo.com atau WA chat ke +6281213126977.

    Terimakasih atas artikel dan ruang diskusi ini, semoga semakin sukses dan selalu diBerkahi oleh Allah SWT.

    Best Regards,

  8. Salam kenal mas Bro dan para penggemar Caravan, Campervan, RV, or Motorhome.

    Terimakasih atas artikel yang cukup menarik ini.

    Mohon & ijin untuk commercial brake mas bro, jika ada yang berminat untuk memiliki Caravan model towing (base on trailer), saya dan Tim dapat mendisain dan memproduksinya dengan dua pilihan chassis, Aluminium atau Steel. Untuk bangunan atas bisa tergantung kesepakatan (ACP, FRP, dsb). Sistem kelistrikan bisa dicombine dengan konsep Go-Green (Solar System) sampai penggunaan Marine toilet (include sistem air bersih dan air kotor).
    Selain caravan juga sy dan Tim juga menerima untuk pembuatan food trailer, office trailer, toilet trailer, transporter trailer, car tow dolly, dsb.

    Untuk diskusi lebih lanjut mohon berkenan untuk menghubungi ke progressive_aoki@yahoo.com atau WA chat ke +6281213126977.

    Terimakasih atas artikel dan ruang diskusi ini, semoga semakin sukses dan selalu diBerkahi oleh Allah SWT.

    Best Regards,

  9. Salam kenal para penggemar camper van. saya juga sdh lama ingin punya campervan. browsing di google ternyata pt Delima jaya karoserie di bogor juga menerima order caravan. budgetnya kalo dari gran max pick up antara 50 sd 150 jt tergantung isinya.

    • nice info. budget segitu kok rasanya trlalu “serius” ya… gmn kalo bangun semi DIY saja dari grand max versi mini bus? 😀

  10. belitung& bali sdh ada pengusaha tour travel n penginapan yg nge paket in wisata tour smbil nginep dicaravan selama tour tsb .. pemda prop, kota & wilayah lain.. bsa mencontoh hal ini.
    ngebangun infra struktur wisata caravan gaksusahkoq..
    bsa modif bumi perkemahan bahkan lahan parkir di area wisata ..bisa dg mudah di modif jadi docking ground caravan ygpastinya keuntungan bsa diraih dari beda tarif caravan dibanding mbl lainnya krn parkiran caravan dilengkapi terminal listrik kran air bersih, waste water dump..dll
    harapan saya sih kedepannya ..dinegriini juga diijinkan gaya hidup menetap dlm caravan yg bsajadi alternatif pilihan ketimbang nge kos kesana kemarih.seiring makin maraknya bisnis nkerjaan yg bsa dilakoni secara online.

    • kalau ngerjain sendiri bisa murah banget. kalau dikerjain orang pastinya lumayan, rata2 di Indonesia; agak mahal.. mungkin karena masih segmented banget.

  11. Salam kenal,

    Terima kasih infonya, kebetulan saya lagi ngumpulin duit & referensi untuk campervan. Mimpinya mau pake mitsubishi star wagon.

    • kurang tau ya, tapi kalau sederhana sih sepertinya gak perlu ada izin. Asal jangan ada penumpang yang gak pakai sabuk pengaman aja seperti banyak kasus akhir2 ini, pasang kasur dan ditiduri saat mobil jalan.

      sayangnya di Indo masih belum jelas soal karavan ini, belum populer. Soal izin2an, bawa barang belanjaan pribadi di bagasi mobil aja bisa ketilang, aneh memang kadang logikanya.

    • saya baru browsing jalanan di Flores, WOW sekali ya. Jalanan relatif beragam kodisi sepertinya, perlu jenis mobil yang cukup tangguh.

  12. Wah mantul nih. Baru liat artikel ini. Apakah sdh ada komunitas campervan/ rv/ motorhome dll di Indo? Kalo di malaysia sy lihat sdh mulai meningkat trend campervan. Coba cek youtube nya 24hrstraveller.

    Dgn membaiknya infrastruktur jalan, lbh byk peluang kita2 bisa melakukan aktifitas ini lbh baik. Insya Allah setahun ke dpn lg mau keliling jawa cari spot campervan yg bs dipromosiin setiap bln. Thn2 selanjutnya bakal rencana utk lakukan full time trip (kalo dpt ijin sabatical leave di kantor) dari sabang ke merauke.

    Menpar yg kmrn kan sempet mencetuskan nomadic tourism (semoga yg baru dilantik melanjutkan eksekusi konsep ini ). Kesempatan besar nih buat kita bikin komunitas & mengembangkan usaha nomadic tourism bareng2. Modelnya jd kaya campervan/rv rent tour di NZ. Seenggaknya kl dah ada komunitas kuat, kita bs advokasi ke pemerintah mengenai aturan2 yg tdk memberatkan para campervan ke dpnnya & bahkab sukur2 bs didukung/dimudahkan.

    Bbrp minggu terakhir ini sy lg searching2 utk bikin camperbox diy buat di mpv kecil.
    Tar kalo camperbox dah jd saya post di sini deh.

    • Peminat di Indo udah banyak, tapi masih sendiri2 kayaknya nih. Kadang ngiri juga sih ama USA yang punya banyak campground buat camper dan RV gitu. Mudah2an di Indo bisa mulai ngikut dah.

      Soal komunitas sebenernya bisa dimulai dari siapa saja, masbro mungkin bisa serius ngebangun komunitasnya?

      DIY camper emang menggugah banget, belum kesampaian sayangnya. Ditunggu sharingnya kalo gt… 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here