Konversi Mobil Menjadi Campervan atau Karavan

Di US, car to camper conversion itu sudah sangat biasa. Terlalu banyak contoh mobil-mobil yang dikonversi menjadi sebuah karavan.

Istilah lain untuk karavan ini adalah motorhome, tapi saya lebih suka menyebutnya; campervan. Karena lebih sederhana.

Meski sederhana, namun semua kebutuhan kita bisa dimasukkan ke sebuah campervan. Tentu jenis mobil yang akan kita konversi juga sangat berpengaruh ke kelengkapan dalam campervan.

campervan-simpel-s

Di Indonesia, kita sangat jarang menemukan mobil consumer dengan ukuran yang sangat besar. Paling besar di sini ada Toyota Hiace, Hyundai H-1, Alphard, Nav1, Serena, dan yang sekelasnya.

Toyota Hiace sendiri di luar cukup populer untuk dikonversi menjadi campervan. Tapi mobil ini tentu bukan favorit semua orang. Mungkin Hyundai H-1 lebih praktis dengan ukuran mobil yang tetap lapang.

Orang di Indonesia biasanya sangat takjub dengan keluaran mobil dengan fitur-fitur khas motorhome, padahal fasilitas campervan di mobil tsb bisa kita desain dan buat sendiri. Ya tentunya bisa juga meminta bantuan ahli modifikasi. Indonesia punya banyak modifikator handal.

Apa saja yang bisa kita masukkan ke dalam mobil camper?

Semua yang kita butuhkan, termasuk; dapur, ranjang tempat tidur, meja kerja, lemari pakaian, tempat penyimpanan, bahkan toilet portable.

Meskipun kita sangat mudah menemukan toilet umum di Indonesia, tapi dengan adanya toilet portable (porta potty mini misalnya), kita bisa lebih tenang. Jarang digunakan akan lebih bagus.

Lebih mantap lagi jika kita masukkan juga kamar mandi dengan shower. Ini berlaku untuk mobil yang agak gedean ya. Kalau Hiace, itu masih mungkin dilengkapi shower room.

Yang paling penting, ada tempat tidur. Yang lain bisa kita dapatkan secara mudah. Kalau ingin adventure, maka alat masak atau dapur akan menjadi kebutuhan essential juga karena kita gak bisa mampir ke warteg atau warung nasi padang.

campervan-simpel

Sebagai blogger, maka kebutuhan yang bahkan lebih penting dari tempat tidur adalah meja kerja dengan kursi yang nyaman. Saya sempat memikirkan beberapa cara untuk membuat tempat kerja di mobil.

Beberapa pilihan yang ada; gunakan kursi penumpang depan untuk kursi kerja, lalu menambahkan flexible table di depannya, atau bisa memodifikasi dashboard dan laci mobil. Cara kedua adalah dengan membuat meja kerja beneran, lalu menggunakan kursi kantor beneran yang kakinya dimodikasi agar space di mobil lebih lega.

Cara lainnya, menggunakan meja buatan, namun menggunakan ranjang tidur, atau bisa juga sofa-bed sebagai kursinya.

Yang perlu diperhatikan, adalah keamanan. Jangan sampai dengan adanya modifikasi campervan tsb, kita kenapa-kenapa di jalan. Modifikasi sebaiknya tidak berlebihan.

camper-expedition-s

Baiklah, itu sedikit ide untuk membuat campervan dari mobil biasa. Di Indonesia gaya hidup ini sangat jarang, malah belum pernah dengar sama sekali, berbeda jauh dengan di US. Tapi saya yakin, beberapa tahun ke depan akan mulai terkenal, kalau bukan orang lain yang bikin populer, maka saya yang akan mempopulerkan 😀

Kalau browsing di google image, belum nemu satupun yang menggunakan desain campervan seperti yang saya impikan, termasuk foto2 di atas ini cuma ilustrasi. Mudah-mudahan justmuha bisa merealisasikan sebuah campervan yang keren dan sesuai impian.

Gimana, ada yang tertarik dengan gaya hidup di campervan?

3 thoughts on “Konversi Mobil Menjadi Campervan atau Karavan

  • Pingback: Barang Apa Saja yang Harus Ada di CamperVan? (Camping dengan Mobil) | just Muha

  • Jul 22, 2017 at 9:59 am
    Permalink

    Siang,Pak,Saya br saja baca artikel bpk n tertarik utk Tahu lebih jauh saat Saya baca kalimat bahwa Indo punya byk modifikator handal krn Saya sbnrnya sdg mencari org yg mmg bnr2 qualified utk mengkonversi Mobil biasa mis:vw ke campervan cm Saya blm punya referensi. Dan saya jg blm tau biaya yg dibthkan utk mengkonversi ​mobil menjd campervan,jd bnr2 msh ngeraba ibaratnya.tp ide punya caravan ini sbnrnya ud ckp lama Ada di benak hanya saja blm bs terealisasi. Mgkn klo bpk tdk kbrtn bs berbagi dgn saya info lokasi para modifikator handal td Ada dmn aja spy Saya bs menghubungi mrk utk tau estimasi biaya yg dibthkan. Ditunggu infonya ya,Pak. Atas info n kesediaannya,Saya ucapkan trm ksh byk.

    Reply
    • Aug 20, 2017 at 6:39 am
      Permalink

      ahli modifikasi memang banyak, tapi khusus untuk campervan sepertinya masih sangat sedikit. yang jelas, ada perusahaan karoseri, bikin mobil campervan termasuk gampang bagi mereka, tapi biayanya bisa lumayan. kalau liat cara-cara orang luar bikin campervan, banyak yang bikin sendiri. Kalau gak sanggup sendiri, bisa minta pengrajin furniture.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *