Agenda wisata lebaran tahun ini saya dan keluarga mengunjungi beberapa tempat, yooooi coyy.

Jalan-jalan Tangkuban Parahu

Tapi bisa dibilang semua schedule-nya acak2an. Ya gimana ya, budaya JAM KARET di keluarga kami memang sangat dijaga dengan baik. Berangkat ke Ciater/Tangkuban Parahu udah keburu siang, gagal ke Cikole, gagal ke area sport-nya Ciater, cuma bisa ke Tangkuban Parahu yang jujur aja merupakan spot wisata terakhir yang akan saya pilih karena udah lebih dari 4 kali saya ke sini.

Tapi ternyata babeh dan emak gue belum pernah, SULIT dipercaya bahkan saya sempat menganggap sepertinya ortu lupa dah. Tapi melihat ekspresi dan komentarnya, fix memang belum pernah ke situ sebelumnya.

Wisata Tangkuban Parahu Subang-Bandung
Fotografer abal2 in action

Babeh kecewa, saya enggak, hahaha… Karena waktu itu lagi dingin2nya, bahkan untuk waktu yang lama, sekeliling yang bisa dilihat adalah kabut. Pegunungannya tertutup putih semua, begitu juga hutan dan kebun teh, gak keliat sama sekali, dan justru saya malah suka karena belum pernah menyaksikan seperti itu di Tangkuban Parahu.

Shalat di musholla/masjid Tangkuban Parahu waktu itu agak repot sedikit. Airnya habis jadi kalau mau wudlu ya nungguin dulu biar keisi tandonnya.

Akhirnya saya dan kakak ipar ke toilet, wudlu sekalian buang-buang air dulu.

Jajan di Tangkuban Parahu
Abis sholat ya jajan2..

Airnya super dingin macam wudlu pakai air es teh.. ampyun dah. Untung bayarnya cuma 2rb.

Berhari-hari setelah itu, kami ke Jawa Timur. Yeeeeyyyy!!!

Nyampe saat malam, paginya siangnya kami berbondong-bondong pergi ke Batu, Malang.

Istirahat di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa
Rest Area Tol Trans Jawa

Saya baru dua kali ke Malang, namun kedua kali itu dilakukan dalam kurun satu minggu. Pengalaman yang berkesan karena yang visit kedua dilakukan di atas motor bersama kakak dengan agenda ngambil motor kakak saya di Malang.

Nah, jadi ini merupakan kunjungan ketiga kalinya ke Malang, tepatnya di Batu-nya saja. Waktu itu belum sempat ke sini, cuma sempat ke wisata kebun apel yang super dingin dan berkabut itu pakai motor boncengan. Brrr….

Santai di negeri dongeng
Saya menyebutnya; Negeri Dongeng

Kasusnya sama seperti agenda ke Ciater, NGARET bosss!!!!

Nyampe Batu udah jam 2an, dan parkir lalu ngurus2 tiket aja sampai jam 3an. Saya yang tadinya gak mau ikut masuk ke Jatim Park 2, akhirnya ikut karena ketemu rombongan adik2 dan kakak2 beserta satu induk saya di depan loket pembelian tiket pas saya lagi jalan-jalan keliling mau beli cemilan es klim.

3 Jam saja untuk ngubek2 dua arena di Jatim Park 2; Museum dan Zoo, arghh…. sungguh KAUM yang MERUGI.

Harga Tiket Jatim Park 2 di Batu, Malang.

Tinggi badan di bawah 80Cm gratis katanya. Harga tiket masuk untuk masing-masing wahana konon Rp 100 ribu. Tapi dari info resmi, ternyata sudah bundling;

Wisata Museum Satwa Jatim Park 2 Batu Malang
Noh!!

Harga Tiket JATIM PARK 2

Tiket Batu Secret Zoo + Museum Satwa: Rp 120.000
Tiket Paket 2 (Jatim Park 2 – Eco Green Park): Rp 150.000
Tiket Sakti (Berlaku 2 hari): Rp 375.000
Tiket Super Sakti (Berlaku 3 hari): Rp 450.000

Kemarin, saya denger kakak saya bilang paket Zoo dan Museum itu Rp 150 ribu, ah mungkin saya salah denger, aslinya 120 ribu.

Atau jangan2 harga tiket musim liburan beda? Dunno yakk…

Wahana Akuarium Batu Secret Zoo
Masuk dunia laut…

Bagi yang gak masuk ke dalem, ada beberapa spot yang bisa dijadikan tempat nunggu. Mulai dari duduk2 aja di undakan tangga, di kursi2 taman, jajan es atau makanan, shopping2 baju dan aksesoris, atau bisa juga nongkrong di musholla bahkan tidur gak pake bayar.

Cerita lengkap masing-masing wahana mungkin kapan2 lah ya,

Overall pengalaman yang saya rasakan adalah;

Museum Satwa Jatim Park 2 Batu Malang

Saya sepertinya lebih suka Museum Satwa Batu dibanding Batu Secret Zoo, bukan!! Bukan berarti Batu Secret Zoo jelek, nope!!

Keduanya luar biasa Emeziiiiing… Kelasnya jauh di atas Kebuh Binatang Ragunan yang tiketnya super duper murah itu. Tapi buat piknik keluarga, sepertinya saya akan memilih Ragunan.

Kupu-kupu di Museum Satwa Jatim Park 2 Batu Malang
Kupu-kupu yang (gak) lucu…

Di Museum, saya seperti lagi jalan-jalan dan jelajah ke seluruh dunia. Hewan-hewan yang belum pernah ada di Indonesia, bisa kita lihat di Museum. Dan ada satu spot area Kupu-Kupu yang buanyak banget koleksinya, mantanku pasti betah di situ minimal satu bulan.

TIPS Mengunjungi Jatim Park 2, Penting!!!

Peta Batu Secret Zoo Batu Malang

> Fokus dikit aja area yang dimasuki. Karena meskipun dari luar biasa-biasa aja, DALEMnya LUASSSSS cuy. Butuh minimal sebulan buat saya untuk menjelajahi dan betul2 menikmati masing2 Zoo atau Museum.

Ngeliyatin Gajah Batu Secret Zoo

> Jangan kelamaan di awal, karena ke belakang masih buanyak!!! Terutama di Batu Secret Zoo.

> Siapkan stamina FISIK, pegel cuy buat ngelilingin segitu luasnya Kebun Binatang dengan durasi waktu yang relatif singkat.

Ngaso bentar di Batu Secret Zoo Malang
Ngaso.. padahal baru muterin bagian depan doang..

> Jangan kebanyakan motret, karena pengalaman dan merasakan langsung dengan hati di tiap2 spot, itu lebih abadi dibanding hasil foto yang bahkan udah gak diliat lagi sepulang dari sana. Eh… saya juga motret siii….

Datang seawal mungkin kalau niat mau muas2in diri di Jatim Park 2, Batu, Malang ini. Wahana dibuka mulai jam 10 pagi sampai jam 6 sore.

Batu Secret Zoo Malang
Mau ketemu hewan yang mirip kita, wajib ke Batu Secret Zoo…

> Cari tiket promo kalau harga normalnya dirasa kemahalan, entah ada apa enggak 😀

Oke, gitu aja cerita jalan-jalan edisi lebaran kemarin ke Jatim Park 2, Batu, Malang. Intronya mulai dari jalan2 ke Ciater dan Tangkuban Parahu, kapan2 kita tulis cerita detailnya deh.

Alun-alun Batu Malang dari Bianglala
Pulangnya mampir Alun2 Batu, naik Bianglala murah 5rb dapet sekali puter doang kata adik2 saya… Ngantrinya yang gak nguatin kalo lagi musim libur..

Maafkeun foto2 yang kurang wow karena yang motret itu adik2 saya yang butuh belajar lagi ama kakaknya. Hasil foto saya masih terkurung di HP, kapan2 kita share… Maafkeun juga kata2 yang kurang berkenan…

Museum Satwa Batu Secret Zoo Jatim Park 2 Batu Malang

Mohon maaf lahir batin btw dari just Muha, mumpung masih bulan Syawwal 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here