Curhat Dikit Tentang Blog Just Muha, Good & Bad

Beberapa bulan terakhir, saya dibuat bingung gara-gara banyak tangkapan STT2 (plugin WP) yang merupakan kata kunci artikel-artikel lama saya saat blog Just Muha sedang jaya-jayanya 😀

Malam ini saya baru tersadar, bahwa ini kemungkinan karena ada beberapa blog yang copas artikel saya, dulunya. Dan kalau blogger newbie copas, itu biasanya semua dicopas, termasuk gambar juga. Nah, gambar yang dihost di server, itu sangat mudah dilacak atau trackback karena merupakan sumber pencuri bandwidth, jadi penyedia hosting itu sangat concern juga tentang masalah ini, lebih tepatnya, pengguna web host.

Lihat kata kunci ini;

Ada kata kunci bok3p, itu beneran saya gak pernah bikin post begituan, percaya deh 😀

Dan karena justmuha.com saat ini focus ke topik traveling, tentu kata kunci di atas sangat gak sesuai. Akhirnya saya search, dan ternyata bener ada satu blog yang copas, bahkan judulnya juga gak dirubah sama sekali.

Argh… menyebalkan… Mungkin saya harus hubungin dia biar hapus gambar2nya. Lagi pula sudah gak tersedia di server kan.

Tapi, lupakan deh.. Biarin aja wis.

Lalu hadirlah berita gembira, untuk blog just Muha.

Yes, Alhamdulillah… Dapet sitelink lagi..

It’s not really a great thing, but it’s a really good sign for me.

Kenapa saya bilang, lagi…

Karena dulu justmuha.com tentunya udah dapet, tapi hilang karena blognya sempat mati suri.

Lucunya, ini blog postingnya masih terhitung sedikit. Ah.. mungkin karena banyak link dari blog copas yang berserakan, akhirnya blog ini tetap dapat manfaatnya.

Apa yang berubah setelah ini?

Semangat dan harapan!

Kalau sebuah blog atau web yang saya bangun sudah mendapatkan sitelink secara otomatis alias gak kita submit secara sengaja, saya anggap blog/web itu; jadi.

Kalau jadi, ya saya akan lebih semangat buat update blog, karena sitelink, seringnya menandakan bahwa blog tsb dianggap “baik” oleh Google.

Cara mendapatkan sitelink sebenarnya gak susah-susah amat, yang penting perlu update lebih rutin, dan konsistensi link di blog, misalnya menu blog. Jangan malas macam saya. 14 posts in 18 months.

Saya belum lama membangun web toko online, dan lucunya, sudah dapat sitelink sejak beberapa bulan lalu. Padahal baru dibangun hitungan beberapa bulan. Bisa jadi ini karena struktur theme yang sangat bagus, dan itu tadi, konsistensi link.

So….

Gitu aja curhat yang sangat gak biasa di blog just Muha setelah mati suri ini. Semoga cinta saya bisa kembali, tercurah pada just Muha, berbagi dengan blog kesayangan saya satunya. Latihan berbagi cinta, ya gak… wkwk.. kidding ah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *