Barang Apa Saja yang Harus Ada di CamperVan? (Camping dengan Mobil)

Dari banyaknya sumber referensi yang saya dapatkan, termasuk puluhan artikel, puluhan video, hingga ratusan foto, kali ini justmuha ingin membuat daftar; hal-hal apa saja yang harus atau sebaiknya ada dalam sebuah mobil camper atau mobil untuk camping, yang lebih singkat akan kita sebut Campervan, sebenarnya lebih pas Camper Car.

Di era ini, ada beberapa macam campervan, namanya pun kadang sedikit berbeda, tapi kita akan kompak menyebut campervan saja, untuk kategori mobil camper ukuran normal, maksimal seukuran Hyundai H1 atau toyota Alphard gitu, lebih besar dari itu, justmuha lebih suka nyebut Motorhome.

Lihat juga: Campervan standar, no off road.

Nah, jenis camp gimana aja sih yang bisa kita pilih.

Kira-kira jenisnya seperti berikut:

  • Camp dalam interior mobil, caranya memodifikasi (permanen atau sementara (recommended)) bagian dalam mobil agar bisa memuat barang2 yang wajib dibawa, dan juga untuk tempat tidur layak. Solusi banyaknya barang yang dibawa adalah dengan membuat kotak2 penyimpanan dan drawer.

  • Camp di atas mobil dengan memasang rooftop tent. Harga rooftop ini kalau beli jadi, lumayan mahal, bisa bikin sendiri atau cari yang buatan China, lebih murah. Jenis rooftop tent pun ada beberapa macam, ada yang dibuat dengan kombinasi clamshell dari fiber misalnya, atau bisa juga dari lempengan aluminium, bisa juga menggunakan tenda biasa yang tebal, kualitas tenda pleton gitu, alasnya bisa menggunakan papan, atau lempengan aluminium, bisa juga fiber.
  • Camp di atap mobil ini juga ada beberapa macam modelnya, ada yang terpisah, ada yang menyatukan alas tenda, dengan atap mobil dengan dua lapisan atap, satu sebagai alas tenda, satu sebagai atap tenda sekaligus atap mobil ketika tenda ditutup. Mungkin bahasanya muter2, tapi paham lah ya…. pop-up gitu modelnya.

  • Lalu, jenis lainnya, ya camping biasa, bikin tenda di bawah, di tanah, seperti kemah2 pada umumnya.
  • Jenis mobil sangat mempengaruhi mau kemah gaya apa, model apa. Misal mobil pick-up, itu bisa dibikin seperti mobil van biasa, bisa dimodif jadi multifungsi juga.

Udah ya, untuk artikel tentang jenis camp dengan mobil, mudah-mudahan akan kita bahas di artikel khusus.

Di sini kita akan lebih banyak bahas, barang-barang apa saja yang harus ada dalam sebuah campervan (atau lebih luasnya; camper car). Ini dia;

  • Kitchen Set. Pasti gak kaget dong, udah tau semua lah. Barang-barang untuk urusan perut ini wajib banget ada. Lalu apa saja detail2 barangnya?
    • Kompor, bisa kompor dengan kayu (tungku), bisa juga pake gas. Bisa gas ukuran kecil yang 5 Kg misalnya, atau yang tabung kecil (butane) gitu pake kompor kecil portable. Kalau misal ogah pake kompor gas, maka bawa juga persediaan kayu bakar siap pakai, udah dipotong2 ukuran kecil-sedang gitu. Kalau mau panggang2an, bawa arang jadi juga oke bingit.
    • Kulkas mini, freezer portable, atau sekedar pendingin seadanya. Ini tergantung budget masing-masing, pendingin harganya murah, tapi freezer portable lumayan juga, mahal, karena strukturnya didesain tahan goyang gergaji, goyang off road.
    • Panci2 wajan, alat buat masak. Aduh justmuha gak terlalu apal ini nama2nya. Pokoknya ada wadah buat nanak nasi, ngangetin makanan instan, masak sayur, termasuk sendok, dan alat pengaduk.
    • Alat-alat lain seperti pisau, nampan, tatakan, piring, gelas, teko, dsb.

  • Persediaan makanan dan minuman. Ini lebih penting lagi dari alat masak. Karena, bahan makanan mentah pun bisa dimakan langsung kalau kepaksa, gak perlu dimasak ๐Ÿ˜€
    • Beras, roti, sosis, daging, ikan, sayur, coklat, sarden, mie instant, bubur instant, nasgor instant, itu contoh aja, sebaiknya sih jangan kebanyakan yang instant2, gak baik kata mamahku.
    • Bawa bumbu2 masak, bisa yang basic, bisa yang instant juga.
    • Bisa bawa juga jagung, ubi singkong, buah-buahan, wortel, dsb.
    • Kopi, teh, susu, susu kedelai, susu kambing, jahe, sirup, dsb deh.
    • Air bersih untuk dikonsumsi, air minum maksudnya. Tapi air bersih juga kan tinggal dimasak aja.

  • Air untuk kebersihan badan dan mencuci alat2. Bisa pake jerrycan (jerik(g)en), tabung air, galon, dll. Kalau mobil campervan mau dipake sering buat camping, baiknya dibuat sistem perairan yang praktis. Isi dengan selang, keluar juga pake selang, dan kalau posisi tabung airnya di bawah, bisa pake penyedot air. Bisa juga buat water sink system untuk cuci piring dan alat2, gosok gigi, atau cuci muka. Ini kalau camping di antah-berantah. Kalau di bumi perkemahan sih, tinggal ke wc umum aja mereun.
  • Meja dan kursi camping. Sebaiknya jangan yang jelek2 amat. Pilih bahan yang solid tapi ringan.
  • Tenda pelindung dari sinar matahari atau hujan. Dipasang di sebagian tepi mobil, biar duduk santai bisa lebih nyaman gak kepanasan.

  • Kasur, selimut, dan/atau sleeping bag. Kalau misal mau tidur di dalam mobil, bisa buat dudukan kasur pake potongan2 lempengan papan yang dilapisi kain gitu. Atau bisa juga langsung di atas lantai mobil di atas kursi yang dilipat.
  • Kalau mau tidur di atas mobil, maka rooftop tent perlu dipasang, sebelum berangkat tentunya. Kalau mau kemah biasa aja di tanah, ya bawa tendanya aja.
  • Tirai privacy untuk mandi di sekitar camping-nya. Misal bukan di camping ground, gak ada WC umum. Bawa juga sekop untuk BAB, ala pendaki, atau yang lebih keren, bawa portaporty mini, atau bawa kursi bolong untuk duduk seperti BAB di toilet jongkok (ini ide saya aja sih). Nah, karena BAB di sekitar area bebas, maka perlu tissue, tissue basah, dan/atau air. Antiseptic juga jangan lupa.
  • Alat-alat mandi (toiletries) dan hygiene. Sabun, sampo, conditioner, odol, sabun muka, sabun miss V, pembalut, kerokan rambut, cadangan silet, dsb. Ya jaga2 aja barangkali tersesat berbulan2 di hutan ya kan, bawa alat2 lengkap.

  • Recovery tools. Ini alat2 yang dibutuhkan untuk teknikal camping, macam kampak untuk bela diri cari kayu bakar, senter, baterai cadangan, power bank, lampu emergency, golok, sekop, gergaji,ย tali tambang, dsb. Bawa juga filter air bersih jika kira2 dibutuhkan, kan ada tuh yang portable ukuran kecil.
  • Berkaitan dengan mobil, bisa bawa cadangan2, termasuk ban serep (kalau adventure berat, bawa dua ban cadangan, bawa oli cadangan, bawa bensin/solar cadangan, alat charge aki (ntar kita bahas lebih lanjut), pompa udara elektrik,ย tali penarik, winch kalau mau offroad parah, dsb.
  • Sumber listrik. Yang mudah, bisa bawa power bank aja, 1-3 buah misalnya yang masing2 kapasitas 20.000 mAh (misal aja, satu juga cukup kalau camp deket), yang lebih aman nyaman, bikin sistem sumber listrik tenaga surya, alirkan ke baterai mobil (aki) khusus untuk camping, jadi gak ganggu baterai mobil. Kalau pake alat elektronik yang pake sumber listrik AC, maka butuh converter DC-AC. Kalau gak paham, tentu bisa kasihkan ke yang ahli aja. Tersedia berbagai macam kapasitas baterai di pasaran, dan kalau pake aki, baiknya sekalian bawa solar panel untuk charging. Gak harus juga sih, ada cara lain, misalnya sambungkan ke sistem charging aki mobil.

  • Yang paling penting, bawa barang2 yang memang paling dibutuhkan jika camping tsb memiliki tujuan, misalnya penelitian, maka perlu alat2 penelitian, laptop, kamera, dll.
  • Bawa juga alat dan bahan hiburan seperti media player, music player, dan yang wajib banget harusnya; bawa buku2 berkualitas. Baca buku ditemani sunrise dan sunset, indah banget gak sih?!
  • (Mau nambahin?)

Daftar di atas hanya terbilang wajib kalau Anda ingin camping jauh dari pemukiman warga, dengan fasilitas terbatas; camping yang sudah tergolong overland, expedition, long adventure.

Kalau cuma camping semalam, ya paling cuma sebagian kecil dari daftar di atas yang harus dibawa, yang terpenting, adalah perlengkapan istirahat dan makanan. Sisanya bonus aja. Apalagi kalau kemping di bumi perkemahan, bahkan kadang gak perlu bawa apa2, tinggal sewa alat dan beli makanan jadi aja di warung ๐Ÿ˜€

Oke gitu aja gaes, ide2 dari justmuha yang dikumpulkan dari berbagai sumber dan sebagian juga ide saya pribadi. Maap kalau ada yang ngeselin ๐Ÿ˜€ Semoga berguna. Kalau mau nambahin, tinggalin komentar aja di bawah ya ๐Ÿ˜‰

See you guys and ladies ;* (emot cuma buat ladies ya!! tolong….)

*Photos are property of their respective owners including selfdrive4x4.com, Safary Rental by AVIS, and others which I don’t know yet, please contact me for credit, thank you very much for your kindness.ย 

3 thoughts on “Barang Apa Saja yang Harus Ada di CamperVan? (Camping dengan Mobil)

  • May 1, 2017 at 7:02 am
    Permalink

    Thanks for sharing :*

    Reply
    • May 3, 2017 at 4:15 pm
      Permalink

      First comment on this blog yooo…..

      thanks ๐Ÿ˜€

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *